Hakim Gunakan Nurani Perkara Adlin Lis

RELEASE PERS

WALHI DESAK NURANI JAKSA DAN HAKIM DALAM KASUS ADLIN LIS

(Walhi Sumut, 21/10/2007)
Sebagaimana diketahui bahwa pada tanggal 22 Oktober 2007 akan digelar sidang dengan agenda tuntutan terhadap perkara perambahan hutan yang melibatkan bigbos Mujur Timber Group Adlin Lis, dkk di Pengadilan Negeri Medan. Telah hampir empat bulan (Juni 2007) sidang peradilan terhadap kasus perambahan hutan ini digelar, sudah akan memasuki tahap akhir untuk menentukan apakah Adlin Lis, dkk mampu dijerat oleh hukum melalui tangan pengadilan.

Saat ini adalah momen yang pas untuk mendesakkan agar Jaksa Penuntut dan Hakim Pengadilan Negeri Medan mampu dan piawai dalam menerapkan hukum dalam kasus adlin lis, dkk. Persidangan demi persidangan sudah digelar secara maraton dan menguras energi public khususnya di Sumatera Utara yang memantau setiap proses peradilan kasus ini. Saatnya, kita meminta agar Jaksa dan Hakim menggunakan nurani agar mampu dan professional serta menggunakan moral dalam rangka memutuskan perkara ini, desak Hardi Munthe Direktur Eksekutif WALHI Sumatera Utara di Medan (21/10/2007).

Beberapa kasus vonis bebas di Sumatera Utara telah menjadi “Pil Pahit” bagi penegakan hukum kehutanan dan lingkungan di Sumatera Utara. Dari catatan WALHI Sumatera Utara di Sumatera Utara sejak tahun 2006 sampai 2007 sudah ada 11 (sebelas) kasus destructive logging/pembalakan hutan baik illegal maupun legal. Dari 11 kasus ini semula ditangani Polda (4 kasus), Polres Tapsel (1 kasus), Polres Dairi (1 kasus), Polres Asahan (4 kasus) dan terakhir Polres Labuhan Batu (1 kasus). Potret buram penegakan hukum kasus destructive logging semacam ini jangan lagi terjadi karena selain akan menambah panjang daftar vonis bebas juga akan semakin memperparah ketidakpercayaan public atas supremasi hukum di Indonesia dalam menjerat pelaku perusakan hutan, tambah Hardi Munthe.

Dampak kerusakan hutan yang terjadi di Mandailing Natal sudah sangat parah dan telah menimbulkan kerugian akibat banjir, longsor dan kekeringan. Ingat longsor dan banjir Madina (2006). Sementara laju kerusakan hutan (deforestasi) di Sumut telah mencapai 152.000 hektar per tahun. Hutan di Sumut hanya tinggal hutan lindung dan konservasi. Itupun dalam posisi terancam antara lain oleh aktifitas ekspansi perkebunan sawit, pertambangan, perambahan atau pembalakan hutan secara tidak sah, dampak IPKTM/HPH/HPHTI, dll. Kita akan terus dituding oleh dunia internasional karena tidak bisa mencegah dan menjaga hutan sebagai penyerap karbon dan paru-paru dunia. Untuk itu harus ada keseriusan Pemerintah dan Aparat Hukum untuk menunjukkan keseriusan dan kemampuannya dalam menjaga dan melestarikan hutan Indonesia yang tinggal 50 % saja yang layak dipertahankan dari 120 Juta Hektar.

Kami meminta agar Jaksa dan Hakim yang menyidangkan perakara Adlin Lis tidak memakai “kaca mata kuda” atau kaku dalam menerapkan hukum lingkungan dan kehutanan dan serius, tambah Mangaliat Simarmata, SH Direktur Eksekutif Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat Sumatera Utara (BAKUMSU) bersama Hardi Munthe. Jaksa dan Hakim harus mampu membaca apa keinginan rakyat dan mampu menggunakan nuraninya dalam menuntut dan memutuskan perkara Adlin Lis. Beberapa aksi massa elemen warga Sumut sudah digelar, energi semua pihak sudah terkuras untuk mengawal proses pengusutan perkara ini. Hukum harus mampu menghukum pelanggar hukum kehutanan dan lingkungan. Bila perlu kami akan mengajak Hakim yang menyidangkan perkara ini agar turun ke masyarakat untuk mengetahui dan mendengar secara langsung apa yang diinginkan oleh public Sumatera Utara terhadap proses hukum perkara ini, tegas Hardi Munthe mengakhiri.

Salam adil dan lestari,

Hardi Munthe
Direktur Eksekutif
WALHI Sumatera Utara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: